Rabu, 17 September 2014

Cara Sederhana untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

1. CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BERSIH DAN SEHAT

Menjaga lingkungan agar tetap nyaman dan bersih sudah menjadi hal yang wajib dan setiap warga harus sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan untuk tetap sehat. Apabila area sekitar Anda terkena wabah banjir, bisa dipastikan kuman maupun bakteri akan menyebabkan penyakit bagi warga di sekitar dan bisa berubah menjadi hal yang serius.
Menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih, sangatlah mudah. Hal ini harus berawal dari niat dari dalam diri dan hati Anda, tetapi sayang sekali begitu banyak orang yang menyia – nyiakan hal tersebut sehingga tak sedikitpun orang yang mengabaikan pentingnya kesehatan lingkungan, terutama lingkungan kumuh atau rumah susun.
Bagi Anda yang memiliki anak, maka biasakan dan ajarkanlah mereka untuk menjaga lingkungan dari hal yang terkecil, misalnya, dari menjaga kebersihan gigi, menjaga kerapian baju, membuang bungkus makanan dan minuman ke tempat sampah, dan mencuci kaki sebelum tidur. Hal ini akan membuat anak mendisiplinkan diri dan membuat anak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan.
Anda juga bisa memutarkan video maupun membacakan cerita sehingga anak lebih mudah menangkap mengapa mereka harus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dari sejak dini.

2. TIPS MENJAGA LINGKUNGAN TETAP SEHAT DAN NYAMAN 

Apabila Anda tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat, maka di pastikan Anda akan hidup sehat dan nyaman, dan apabila sebaliknya, maka Anda akan merasakan dampak yang buruk. Anda juga bisa mencari banyak tips gratis bagaimana cara menjaga lingkungan dengan cara yang sederhana dan menciptakan suasana yang tentram, damai, dan bebas penyakit. Beberapa tips yang bisa anda ikuti , yaitu: 
 1.      Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
  1. Buatlah jadwal piket untuk membersihkan rumah. Apabila Anda tinggal di lingkungan rumah yang bersih, maka Anda akan merasa nyaman untuk tinggal dan terhindar dari penyakit karena kotoran dan debu.
  2. Biasakanlah diri untuk membersihkan kamar mandi, halaman rumah, selokan, dan area sekitar rumah anda secara rutin.
  3. Apabila sampah anda tertimbun, alangkah baiknya sampah tersebut di bakar.
  4. Jangan lupa selalu terapkan 3B, yaitu: buang sampah di tempat yang sudah di sediakan, bersihkan segala sesuatu yang kotor, dan biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih.
  5. Memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.
Begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam melestarikan lingkungan. Dengan melakukan beberapa tips yang ada di atas, maka Anda bisa hidup nyaman, tentram, dan sehat. Biasakanlah untuk menerapkan kebiasaan tersebut di rumah dan di lingkungan sekitar Anda. Hal ini sangat penting bagi Anda agar terhindar dari kuman dan penyakit.




lingkungan adalah tempat kita berpijak contohnya: lingkungan sekolah,lingkungan rumah,dan lain-lain.
lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat.
kita sangat perlu menjaga kebersihan lingkungan kita sendiri. beberapa cara untuk menjaga lingkungan sekitar:


-mereboisasi
- tidak membuang sampah sembarangan
-mengunakan bahan-bahan yang mudah didaur ulang.
-sesering mungkin membersihkan saluran air
-tidak menggunakan kendaraan bermotor berlebihan ,dan
-membersihkan lingkungan sekitar secara teratur.

AYO KETAHUI , CIRI-CIRI LINGKUNGAN BERSIH ...

- udaranya bersih
-airnya bersih,dan
-tidak ada sampah yang berserakan

CIRI-CIRI LINGKUNGAN YG KOTOR :

-airnya kotor,
-udaranya tidak segar,dan
-terdapat banyak sampah yang berserakan

kondisi lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. jika kita tinggal di tempat lingkungan yang bersih maka tubuh akan terasa sehat, dan sebaliknya jika kita tinggal di tempat lingkungan yang kotor maka, kita akan mudah untuk terjangkitwabah-wabah penyakit yang ada ,contohnya:

- demam berdarah
-flu burung
-malaria,
-dan lain-lain

so,rugikan kalu kita tidak menjaga dan merawat bumi kita mulai dari hal kecil yaitu lingkungan kita sendiri? sayangi dan cintailah bumi kita.



Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.
Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1.      Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2.      Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3.      Bebas dari polusi udara.
4.      Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5.      Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.
Di agama islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagaian dari iman.
Selain hal yang disampaikan diatas kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap bias dinikmati hingga anak cucu kita kelak.
Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:
1
 

1 komentar: